Sabtu, 13 Mei 2017

Cara mengatasi hp lemot dan cepat panas

Hp Lemot - Di era teknologi yang sudah serba canggih seperti yang sekarang ini hampir setiap orang tidak lepas dari yang namanya Hp, karena selain untuk berkomunikasi hp juga dapat dijadikan sebagai sarana hiburan,permainan dan lain sebagainya, saking banyaknya teknologi yang dipasang di hp maka tidak menutup kemungkinan dapat terjadinya lemot dan cepat panas karena terlalu banyak menangani berbagai macam sistem aplikasi yang terinstal di perangkat yang hanya sebesar telapak tangan anak anak tersebut.

Anda bisa bayangkan betapa pesatnya perkembangan teknologi smartphone saat ini, hampir sebagian perangkat elektronik yang dulu kita gunakan seperti TV, Kalkulator, Stopwach, Jam, Kamera, Video Player/ recorder, Senter, Permainan dan masih banyak lagi yg lainnya tapi "tidak termasuk Lemari ES dan Kompor Gas" semuanya terdapat di perangkat yang sekecil itu?  Wah.. benar-benar luar biasa, pantas saja hp jadi lemot dan cepat panas. Tapi ya sudah tidak usah dipikirkan itu semua, sekarang kita fokus ke bagaimana cara mengatasi hp yang lemot dan cepat panas.

tips cara mengatasi hp lemot cepat panas saat main game dan internetan

Cara mengatasi hp android yang lemot

Sebelum langsung ke cara mengatasi android yang lemot dan cepat panas, sebaiknya kenali dulu jenis perangkat keras dan System Operasi yang digunakan di Hp android yang anda gunakan serta penyebab mengapa Hp Android anda menjadi lelet/ lemot dan cepat panas baik itu saat bermain game atau saat internetan, tujuannya supaya anda mengetahui lebih dalam dan dapat mencegah munculnya kejadian serupa dikemudian hari.


Perangkat Keras (Hardware) Android

Hal pertama adalah perangkat keras. Di dalam Hp Android yang anda miliki terdiri dari bebagai macam perangat keras. Perangat keras yang saya maksud adalah yang mempengaruhi "terjadinya lemot pada android", perangat keras yang dimaksud adalah sebagai berikut:

1. Prosesor (CPU)
2. RAM (Random Akses Memori)
3. Data Storage (Memori Penyimanan)
4. GPU (Graphic Processing Unit)

Prosesor (CPU): adalah mesin utama yang menjalankan seluruh sistem operasi dan aplikasi yang ada didalam Hp. Contoh: Qualcom Snapdragon, Nvidia Tegra, OMAP 3, Cortex-A9, Mediatek, Etc.
Catatan! CPU terdiri dari Core dan Clock Speed, mulai dari single core, dual core, quad core, octo core dan hexa core.  Perbedaan masing-masing core sangat berpengarh terhadap performa sebuah smartphone secara keseluruhan, semakin banyak jumlah core maka kinerja smarthone semakin cepat.

Kecepatan prosesor adalah yang utama untuk smartphone agar tidak lemot. karena itu saran saya jika anda ingin hp anda tidak lemot belilah Hp android atau komputer yang memiliki spek prosesornya tinggi.

Selain itu, CPU juga memiliki Clock Speed, sebagai semacam indikator kecepatan kinerja sebuah CPU. Contohnya, processor  Qualcom Snapdragon memiliki spesifikasi clock speed 1,2 GHz dan quad-core, yang artinya memiliki 4 core. Masing-masing core pada processor ini memiliki kecepatan 1,2 GHz.


RAM (Random akses memori): adalah tempat penyimpanan sementara dari sistem atau aplikasi yang sedang di jalankan, bisa berupa data,cache, dsb.
Catatan: Semakin besar kapasitas RAM yang dimiliki maka semakin baik pula kinerja smartphone tersebut.

Data Storage: adalah sebagai penyimpanan data sistem dan aplikasi, internal yang sudah tertancap pada bawaan Hp dan eksternal yang kita pasang sendiri berupa memori micro sd, dsb.

GPU: adalah mesin yang khusus bertugas untuk mengolah tampilan grafis atau tampilan visual seperti image, video, aplikasi dan game yang memiliki resolusi baik rendah maupun tinggi. Contoh ATI Adreno, Mali, GeForce, PowerVR, dll.

Perangkat Lunak (Sistem) Android

Kedua adalah perangkat lunak atau sistem. Sistem bisa di ibaratkan seperti nyawa pada manusia dan hardware sebagai tubuhn dan isinya. Jadi, pastikan apakah sistem operasi pada smartphone anda sudah uptodate?.

Cara mengatasi hp lemot saat bermain game

Dijaman yang sudah serba canggih seperti sekarang ini banyak pengembang aplikasi dan game yang menciptakan aplikasi maupun game dengan grafis tinggi dan terbaik, So' pastikan hp android kamu memiliki spesifikasi minimal untuk dapat memainkan game yang kamu mainkan supaya tidak lelet saat bermain. Jika kamu adalah seorang gamer sejati, saran saya sebaiknya kamu membeli smartphone yang memiliki prosesor minimal Quadcore dengan Clock Speed 1.5 GHz, Ram 1,5 GB dan GPU Nvidia tegra 3, PowerVR SGX543MP4, PowerVR SGX544MP3 (Tri-Core), Mali 400MP4, Adreno 225, Adreno 320, Adreno 330. "Tergantung jenis dan merek prosesor" (Cari tahu dulu sebelum membeli).


Cara agar hp android tidak lemot saat internetan

Nah ini lain cerita, dan ada dua kemungkinan yang menyebabkan lemotnya smartphone android kamu ketika saat mengakses internet, apa itu?

1. Kemungkinan pertama adalah masalah pada jaringan operator yang kamu gunakan. Bisa jadi kamu menggunakan paket data unlimited kemudian sudah melawati batas pemakaian wajar/ PUF,  jadi secara otomatis kecepatan internet kamu diturunkan oleh operator makannya lemot jaringannya. Atau bisa juga wilayah di tempat tinggal kamu belum tercover secara penuh oleh jaringan operator yang kamu gunakan, jadi pastikan daerah atau tempat kamu sudah tercover oleh jaringan data operator , jika tidak silahkan ganti kartu lain apakah masih sama?

2. Kemungkinan kedua adalah ada pada hp dan browser kamu, pastikan hp kamu tidak kehabisan ram saat mengakses internet. Cek juga browser kamu apakah kamu sudah cek cokie, cache dan riwayat internet di browser kamu? Pastikan kamu selalu membersihkan cache di browser kamu.

Cara mengatasi hp android yang cepat panas

Ini yang paling gampang mengatasinya, apakah yang menyebabkan hp android anda panas oleh atau dikarenakan bermain game atau browsing? atau digeber untuk nonton video youtube secara online?  Ini solusinya! Apa itu? Celupkan atau rendam dengan air dingin pasti reda deh panasnya. Mungkin diantara pembaca ada yang mengira bahwa penulis di blog ini GILA! Saya tidak gila dan stres, saya serius tapi dengan catatan "hp anda sudah mengantongi sertifikat IP68", jika tidak' sebaiknya jangan coba-coba melakukan hal tersebut, bisa-bisa sekarat tu hp!

Mungkin sampai disini dulu pembahasan  mengenai Cara mengatasi hp lemot dan cepat panas. Jika ada kesempatan kami akan terus meninjau dan menyunting artikel ini untuk memperbaiki kesalahan baik dalam penulisan maupun pemahaman.


Baru saja Anda telah membaca artikel Cara mengatasi hp lemot dan cepat panas dengan alamat link https://carasinano.blogspot.com/2017/05/cara-mengatasi-hp-lemot-dan-cepat-panas.html

Artikel Terkait

Cara mengatasi hp lemot dan cepat panas
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

1 komentar:

14 Juni 2017 pukul 00.17 delete

Akhirnya impian saya tercapai untuk pulang ke indonesia,terima kasih MBAH SERO atas bantuannya,saya bisa berkumpul kembali dengan keluarga,karna melalui jalan togel sekarang saya sudah sukses,ini semua berkat bantuan MBAH SERO yang memberikan angka 4d bocoran singapura,syukur alhamdulillah dapat 250 juta,saya sangat bersyukur kebun orang tua yang dulunya di gadai buat saya untuk berangka kesingapura,kini sudah saya tebus kembalii,tanpa bantuan beliau mungkin belum bisa saya pulang kampung,terima kasih banyak MBAH SERO jasa-jasamu tidak akan saya lupakan,bagi saudarah2 di indo maupun di luar negeri butuh bantuan,apalagi yang terlilit hutang silahkan tlpn atau sms di nomor 082 370 357 999 atas nama MBAH SERO,beliau seorang paranormal yang bisa di percaya,karna sudah memberkan hasil,ingat kesempatan tidak akan datang untuk kedua kali,jadi giliran anda untuk membuktikannya,inilah kisah nyata dari saya ibu irma tki singapura

Reply
avatar